Prodi PAI dan HMPS PAI Sukses Gelar Olimpiqu #4 2020 tingkat Nasional

11

Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PAI berhasil menggelar Olimpiade Qurani (Olimpiqu) # 4 2020 tingkat Nasional sebagai ajang perlombaan dalam bidang Al Quran dan pengetahuan Agama Islam.

Dr. Abdul Fadlil, MT, Wakil Rektor III Universitas Ahmad Dahlan (UAD) saat membuka Olimpiqu # 4 di lantai dua Masjid Islamic Centre UAD, Ringroad Selatan, Bantul, Sabtu 15 Februari 2020 menyampaikan “Di era globalisasi dengan segala arus informasi dan kemajuan teknologi Setiap orang yang dituntut untuk mempunyai rasa percaya diri dan tidak lupa juga untuk mengembangkan diri. Di Olimpiqu inilah salah satu media dalam mengaktualisasikan diri “. Menurut Dr. Abdul Fadlil, MT pengembangan diri haruslah juga dibarengi dan sejalan dengan nilai-nilai Agama Islam.

Turut hadir dan memberi warna Rizki Pramudya Endi (Ketua Panitia Olimpiqu # 4), Farid Setiawan, M.Pd.I (Ketua Prodi PAI UAD), Dr. Nur Kholis, M.Ag (Dekan Fakultas Agama Islam UAD) serta para dosen Fakultas Agama Islam UAD serta undangan tamu dari Ketua Ormawa dan Ortom di Fakultas Agama Islam UAD.

Dalam sambutanya Ketua Panitia menyampaikan, pada Olimpiqu # 4 tahun ini diikuti oleh 65 sekolah dengan total peserta 393 peserta dari DIY, Jateng, Jatim, Jabar. Dia juga menyampaikan, dengan diadakanya Olimpi, menciptakan milenial tumbuh menjadi pemuda yang mencitai Al Quran sesuai tema olimpiqu pada tahun ini yaitu ‘Membangun dan Mewujudkan Generasi Milenial Yang Unggul dalam Bidang Quran’.

13

Sementara itu, Farid Setiawan, M.Pd.I dalam sambutanya mengatakan, “Dengan semangat menggebu-gebu tentu kita bisa menunjukan prestasi dari masing-masing, tetapi kita juga perlu mengindahkan bahwa Olimpiqu ini juga sebagai media silaturahim antar-ap …”

Dalam lomba Olimpiqu # 4 dilombakan beberapa bidang, Cerdas Cermat Agama, Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran, Musabaqah Syahril Quran, Dai / Daiyah, dan Kaligrafi. Merebutkan juara 1, 2, dan 3 dan juga juara umum 1, 2, dan 3.

Juara umum 1 dengan tropi Gubernur DIY dan Piala bergilir Rektor UAD diraih oleh MBS Klaten, juara umum 2 dengan tropi Bupati Bantul diraih SMA Khadijah Surabaya, dan juara umum 3 dengan tropi Dekan Fakultas Agama Islam UAD diraih SMA Muhammadiyah Darul Khair Yogyakarta. (Hardi)