VISI MISI

Pengantar

Salah satu tujuan adanya Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah  ingin menghasilkan pendidik Agama Islam yang ampu mempunyai peran dalam masyarakat sebagai bagian terpenting untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Hal ini sesuai  dengan Visi Program Studi yaitu menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan dan penguasaan ilmu pendidikan agama Islam yang berwawasan internasional, berbasis pada nilai-nilai al Qur`an dan as Sunnah”.  Lulusan dari Program Studi Pendidikan Agama Islam berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam pengembangan dan penguasaan ilmu pendidikan Agama Islam yang berwawasan Internasional berbasis pada nilai-nilai Kemuhammadiyahan.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan akademik di lingkungan program studi PAI yang unggul, berkualitas dan bermanfaat;
  2. Meningkatkan program riset bagi dosen dan mahasiswa PAI serta mendorong terciptanya iklim penelitian yang berkualitas;
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Menjalin kerjasama di tingkat nasional maupun internasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Akreditasi

Terakreditasi A (SK BAN PT No: 2416/SK/BAN-PT/AK-SURV-/S-VIII/2017)

Prospek Lulusan

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Agama, Guru, Staff Pendidikan, Wirausaha dan lain-lain.

Kompetensi

Kompetensi lulusan didasarkan pada 3 (tiga) hal, yaitu :

1.      Knowledge

Lulusan Prodi diharapkan mempunyai pengetahuan tentang pendidikan agama islam dengan baik, sehingga ketika berkontribusi dalam masyarakat terutama dalam bidang pendidikan sudah mempunyai bekal yang cukup.

2.      Skills

Lulusan prodi diharapakan mempunyai kemampuan yang baik khususnya dalam menjelaskan atau menyampaikan materi dengan cara atau metode mengajar yang baik. Salah satu bentuk mempelajari dan meningkatkan skills adalah dengan program PPL ke sekolah-sekolah untuk praktik mengajar.

3.      Attitude

Lulusan Prodi sebagai calon pendidik agama Islam jelas harus mempunyai perilaku yang baik dan sesuai dengan ajaran Islam. Maka dalam membiasakan peningkatan perilaku kepada mahasiswa, pendidik dan pengajar akan selalu mengingatkan tentang bagaimana adab berkata dan berperilaku yang baik serta berpenampilan yang islami.

Pengajar

Memiliki 11 dosen tetap dengan gelar Profesor sebanyak 1 (satu) orang, gelar Doktor sebanyak 2 (dua) orang, dosen dalam masa studi doktoral sebanyak 5 (lima) orang, serta dosen Magister sejumlah 3 (tiga) orang. Seluruh dosen tersebut berasal dari lulusan-lulusan terbaik universitas negeri maupun universitas swasta dalam bidang pendidikan Agama Islam dengan berbagai konsentrasi keilmuan sebagaimana terlampir pada halaman profil dosen.

Fasilitas Pendukung

Kegiatan perkuliahan ditunjang dengan berbagai fasilitas dan teknologi seperti konsep smart class modern, LCD proyektor, ruang kelas yang nyaman, layanan mahasiswa berbasis on line, dan area Wi-Fi. Praktikum mahasiswa juga ditunjang dengan beberapa laboratorium seperti laboratorium komputer,  ruang microteaching, dan Program Praktik Lapangan (PPL). Praktik lapangan dilaksanakan dengan mengadakan kerjasama antara Program Studi dengan mitra kependidikan, seperti sekolah SMP Muhammadiyah maupun SMA /SMK Muhammadiyah di Kulonprogo dan Yogyakarta dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dari mahasiswa.