PAI UAD; ORNAMI Sebagai Langkah Awal pembentukan ideologi dan kaderisasi

73407448-132350331060741-1590260001776554246-n-1

Yogyakarta, PAI HARI INI – Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (PAI FAI UAD) Yogyakarta menyelenggarakan ORNAMI (Orientasi Penanaman Nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan) sebagai upaya PAI UAD dalam membentuk generasi yang profesional dan menginspirasi.

Acara ORNAMI ini merupakan program tindak lanjut dari TOT (Training of Trainer) pada hari Sabtu 5 November 2019. Setiap Trainer hasil dari TOT diuji keilmuan dan keterampilannya dengan acara ORNAMI. Mereka berlatih dalam hal kepemimpinan dan juga bagaimana mengelola acara, mulai dari konsumsi, perlengkapan, dokumentasi hingga pembinaan acara dengan baik.

Pada 10 November 2019 para Trainer melakukan Technical Meeting dan PretestORNAMI PAI 2019 di Masjid Islamic Center UAD Yogyakarta dan Masjid AR Fahrudin Wates dengan total peserta 240 mahasiswa dari angkatan 2019. Perlu diketahui, acara ORNAMI ini dilakukan dengan 2 gelombang. Gelombang pertama pada tanggal 12-13 November 2019 dan gelombang kedua 26-27 November 2019. Acara ini dilaksanakan di Youth Center Sleman Yogyakarta. Dengan pemateri yang sangat mumpuni pada bidangnya. Dr. Nur Kholis, M.Ag., selaku Dekan FAI UAD mengisi materi “PAHAM AGAMA MENURUT MUHAMMADIYAH”; Dr. Untung Cahyono., M.Hum., Selaku Badan Pembina Harian UAD mengisi materi “AKTIF BERORGANISASI DI MUHAMMADIYAH”; Irfan Nurudin., MSI, mengisi materi “Praktik Ibadah sesuai HPT” dan Prof. Dr. Dwi Sulisworo., MT mengisi materi tentang “tantangan PAI menghadapi era revolusi industri 4.0”.

Sambutan-Kaprodi-PAI-UAD

https://www.instagram.com/p/B4wAfsQgDPe/
Sambutan ORNAMI PAI UAD 2019 dibuka langsung oleh Bapak Farid Setiawan, S.Pd .., M.Pd.I selaku Kaprodi PAI UAD. Beliau selaku Kaprodi PAI UAD menyatakan bahwa ORNAMI ini adalah langkah awal penanaman ideologi dan pesanan kaderisasi. Kemudian acara belajar kuliah umum oleh Bapak Hendra Hermawan, MA selaku kabid. Pengkaderan LPSI UAD dengan tema “PAI SEBAGAI MEDIA KADERISASI”. (23/11/2019) Sebelum ORNAMI gelombang kedua dilaksanakan, Bapak Farid Setiawan, S.Pd .., M.Pd.I selaku Kaprodi PAI UAD melakukan koordinasi dengan dosen dan para trainer guna menyelesaikan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada ORNAMI gelombang 1 agar tidak terjadi kembali pada ORNAMI gelombang kedua.

Ahad 24 November 2019 dilaksanakan Technical Meeting & Pretest untuk ORNAMI gelombang kedua bertempat di Islamic Center Kampus 4 UAD pukul 13.00 WIB. Dalam TM dan Pretest ini ada sedikit pengarahan dari Yusuf Hanafiah, S.Pd.I., M.Pd selaku dosen PAI UAD yang juga termasuk penanggungjawab ORNAMI. Pengarahan itu disampaikan agar setiap mahasiswa dapat mengikuti acara ORNAMI dengan sebaik-baiknya.

Seperti ORNAMI gelombang pertama, dibuka dengan bapak Farid Setiawan, S.Pd., M.Pd.I. Selaku Kaprodi PAI UAD, beliau menekankan kepada para peserta sejumlah 240 bahwa “PAI harus bisa menjadi MEDIA KADERISASI”. Pemateri pada ORNAMI gelombang kedua ini Dr. Untung Cahyono., M.Hum., Selaku Badan Pembina Harian UAD mengisi materi “AKTIF BERORGANISASI DI MUHAMMADIYAH”; Irfan Nurudin., MSI, mengisi materi “Praktik Ibadah sesuai HPT”; Prof. Dr. Dwi Sulisworo., MT mengisi materi tentang “tantangan PAI menghadapi era revolusi industri 4.0”; Hendra Darmawan., MA, selaku Kabid Pengkaderan LPSI UAD dengan materi “Menjadi Milenials dengan Pribadi Rasulullah”; dan Fadhlurrahman, M.Pd. (Dosen PAI UAD) “Faham Agama Menurut Muhammadiyah”;

PAI UAD selalu memacu perkembangan para mahasiswanya. Dari segi akademik maupun non akademik. Hardskills dan softskill juga dikembangkan secara bersamaan. Inilah salah satu upaya mewujudkan PAI UAD yang memiliki slogan profesional menginspirasi. (FR)