MISI PLP 2 : MENJADI PENDIDIK YANG PROFESIONAL & MENGINSPIRASI

Media Center pai UAD | Yogyakarta – Tim Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan (P3K) UAD kembali mengadakan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) yang diikuti oleh mahasiswa semester 6 Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Prodi Pendidikan Agama Islam UAD. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah selama kurang lebih 1 bulan, Tim P3K mengadakan Pembekalan PLP 2 yang dilaksanakan pada Rabu, 10 Juni 2019 di kampus 4 UAD.

Dalam sambutan dan pengarahan Kaprodi Pendidikan Agama Islam, Farid Setiawan, M.Pd.I menyampaikan, bahwa “Kehadiran PAI UAD di sekolah Muhammadiyah ataupun Negeri bertujuan untuk memberi warna baru di lingkungan tersebut, sekaligus bisa menjadi Problem Solver dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada.” Mahasiswa PAI UAD harus memberi contoh yang baik bagi setiap peserta didik yang akan dibersamai kurang lebih satu bulan lamanya. Selain hal tersebut, calon seorang pendidik harus mempunyai bekal sejak sekarang untuk dapat menginspirasi orang-orang di sekelilingnya. “Dalam falsafah Jawa kerap seseorang mengatakan Ajining diri dumunung ana ing lathi, Ajining raga ana ing busana yang artinya, setiap calon pendidik dan setiap orang harus menjaga kepribadian yang murni, yaitu ucapan/kata  (perkataan), dan menjaga fisik yang terletak pada busana/penampilan. Dan menjadi seorang pendidik adalah panggilan hati” imbuh Kaprodi PAI tersebut.

Dalam pembekalan PLP 2  kali ini Yazida Ichsan, M.Pd.I selaku koordinator pelaksanaan PLP 2, mejelaskan terkait teknis pelaksanaan PLP 2 yang akan dilaksankan pada awal bulan Agustus hingga akhir bulan, yang kurang lebih 25 hari terhitung sejak tanggal penerjunan. Dalam PLP 2 ini diharapkan mahasiswa PAI pada khususnya untuk bisa menjadi uswah/contoh bagi Prodi lain untuk bisa menajalankan dengan rasa profesionalitas serta tidak meninggalakan kultur dari PAI, serta menjaga baik prodi untuk tetap bisa menjalin mitra kerjasama yang baik antar lembaga di sekolah ataupun madrasah. Acara PLP 2 di akhiri dengan foto bersama dengan Tim PLP 2 dari PAI UAD. –dws