Mahasiswa PAI UAD Mengikuti Event Istanbul Youth Summit di Turki

1

Istanbul Youth Summit adalah sebuah program yang memberikan kesempatan bagi para pemuda untuk mempersiapkan dirinya menjadi menciptakan yang memiliki keunggulan dan kelebihan. Mempunyai jiwa kepemimpinan, berpikir dinamis, dan perubahan semangat yang tinggi. Hal ini seiring dengan misi pemerintah Indonesia yang mempersiapkan menciptakan Indonesia emas 2045 mendatang. Program ini memberikan pengalaman untuk bersosialisasi di dunia internasional seperti inilah yang mampu menambah keberanian dan keterampilan para generasi muda kedepan. Tantangan bagi generasi muda kedepan adalah bukan hanya persaingan dengan dirinya sendiri, namun banyak persaingan lainya yang harus ia persiapkan.

Program berlangsung di Istanbul Turki pada tanggal 27-30 Januari 2020 yang mempunyai kegiatan seperti pembukaan, makan malam, simposium, presentasi proyek sosial dan kunjungan ke Istanbul Unibersity. Kegiatan ini diikuti oleh siswa dan mahasiswa yang terkenal di seluruh Indonesia kurang dari 200 peserta. Pada acara tersebut Mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5, Nandia Hutami Saraswati berkesempatan mengikuti acara tersebut.

Program ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk berbicara di depan umum dan mempresentasikan proyek sosial yang telah mereka persiapkan ketika berada di daerahnya masing-masing. Dan juga yang menarik adalah adanya penampilan seni berupa tarian daerah yang ditampilkan oleh para peserta untuk memperkenalkan kebudayaan Nusantara di dunia Internasional.

“Saya banyak memperoleh ilmu dan pengalaman di acara tersebut. Pengalaman lebih berharga dari segalanya, apapun niat baik kita, Allah akan mendengar. Entah apapun halangan, rintangannya kalau niatan kita baik dan sungguh-sungguh. Apapun keadaannya, Insyaallah Allah pasti kasih jalan dan dimudahkan. Asal kitanya terus doa, berusaha, ijtihad, tawakal dan pantang menyerah. Semangat terus buat mencapai cita-cita, untuk kalian yang ingin ke luar negeri, yakinlah pasti bisa. Banyak cari info tentang acara atau beasiswa di luar negeri, yang penting percaya diri untuk mendapatkan itu semua. Semangat untuk berproses mahasiswa PAI UAD ”, ujar Nandia. (Nandia Hutami Saraswati)