Kolaborasi Mahasiswa PAI Raih Mendali Emas dan Silver di Thailand

3

Kolaborasi antara Sariningsih mahasiswa PAI dan mahasiswa Teknik membawa membawa emas dan perak dalam ajang International Intellectual Property, Invention, Inovation and Technology Exposition (IPITEX) yang merupakan tema yang diusung dalam kegiatan perlombaan oleh National Research Council of Thailand di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok Thailand. Kegiatan ini merupakan salah satu acara lomba Internasional dalam bidang Ide, Inovasi serta Teknologi yang diadakan di Thailand dengan mengundang peserta dari 45 negara. Indonesia, Malaysia, Polandia, singapura, dan negara lainnya.

Kegiatan diadakan dari tanggal 2-6 Februari 2020 dan berhasil menghantarkan tim Sariningsih mahasiswa PAI dan Ketiga anggotanya yang berasal dari teknik elektro Muhammad Fahrurazi IB, dan Renangga Yudianto, teknik informatika Ilham Akbari Winoto. Meraih Mendali emas International Conference On Kreativitas Dan Inovasi (ICCI) dan Mendali Perak IPITEX pada kategori dewasa di bidang Internet of Things (IoT).

Ide dan Inovasi yang indah dalam perlombaan adalah membuat alat yang membantu orang tuna wicara yang diberi nama TUNAVOICE. Alat tersebut berbentuk prototipe dan aplikasi yang dapat digunakan dengan cara kerja menerjemahkan gestur tangan yang telah dipasangi flexsensor dan di kirim ke dalam aplikasi dan dari aplikasi menjadi bentuk suara. Latar belakang di buatnya alat ini karena bentuk kepedulian kepada orang tuna wicara yang merasa terkucilkan karena tidak dapat berkomunikasi dengan orang biasa.

5

Selama satu bulan penuh tim mempersiapkan segala kebutuhan lomba dengan dibina langsung oleh Anton Yudhana, ST, M, T., Ph.D selaku dosen program studi Teknik Elektronika. Selama perlombaan seluruh peserta memamerkan hasil dan inovasi di masing-masing stand  yang sudah disediakan, kemudian dewan juri penilaian.

2

Alhamdulillah dengan penghargaan tersebut dapat membawa Prodi Pendidikan Agama Islam di Kancah Internasional. Tentu saja hal tersebut tidak terlepas dari dukungan Prodi PAI, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA) dan seluruh pihak yang telah terlibat dalam perlombaan. (Sariningsih)