Berita Internasional; PAI sebagai Tim Host Pelatihan Bahasa Arab ISESCO

Yogyakarta, PAI Hari Ini – Momen istimewa Bulan Ramadhan yang telah berakhir rupanya masih disusul dengan kemeriahan-kemeriahan lain yang berlangsung di Universitas Ahmad Dahlan, khususnya Pendidikan Agama Islam di Fakultas Agama Islam. Sebagai salah satu dari Prodi unggulan di FAI UAD, kali ini PAI ikut berkontribusi sebagai tim host FAI UAD yang bertugas untuk menyelenggarakan acara Pelatihan Bahasa Arab lintas negara ke-8 yang diadakan oleh ISESCO (17/06/2019) di Islamic Center UAD Kampus 4, Yogyakarta.

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi FAI UAD dan keempat Prodi yang bernaung di bawahnya, dapat dipercaya untuk menjadi tuan rumah lintas negara pertama bagi pelaksanaan Pelatihan Bahasa Arab yang diinisiasi oleh Islamic Educational, Scientific, and Cultural Organization (ISESCO). Mengingat tujuh pertemuan sebelumnya selalu dilaksanakan di Negara Malaysia, tepatnya di KUIS University, Malaysia. Pelatihan kali ini melibatkan kehadiran 6 (enam) negara sebagai narasumber, yakni Cina, Malaysia, Denmark, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

Pada momen langka ini, Prodi PAI juga mengirimkan mahasiswanya sejumlah 16 orang untuk mengikuti pelatihan tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Para peserta tersebut merupakan hasil seleksi berkala yang dilakukan oleh Kaprodi dan Sekprodi PAI secara mandiri. Mahasiswa sangat antusias menyambut tawaran menarik untuk belajar Bahasa Arab secara intens. Mereka tidak melewatkan setiap sesi acara yang diselenggarakan oleh pihak ISESCO dan FAI UAD.

“Belajar Bahasa Arab harus dilakukan secara serius, dan saya bangga karena Indonesia menunjukkan antusiasme yang begitu besar terhadap penguasaan Bahasa Arab,” ujar Dr. Adell Buraow, dalam pidatonya mewakili ISESCO pusat. ©nikS

Penandatanganan MOU antara FAI UAD dengan KUIS University
Mahasiswa PAI UAD foto bersama narasumber