Berdikari Lewat PAI Mengabdi

Yogyakarta, PAI Hari Ini – Beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta diterjunkan untuk pelaksanaan Program PAI Mengabdi yang diagendakan oleh program studi. Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah mahasiswa yang nantinya akan mengabdi secara langsung kepada masyarakat di sekitas Kampus 6 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Wates, Kulonprogo.

Kegiatan yang diinisiasi secara matang oleh segenap dosen PAI tersebut bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kemandirian dan kepekaan sosial di dalam lingkungan masyarakat. Sebagaimana diutarakan oleh Kaprodi PAI, Farid Setiawan, S.Pd., M.Pd.I, “Intelektualitas itu harus selalu diimbangi dengan kepekaan sosial supaya bisa menjadi pribadi yang berdikari.” Cita-cita visioner itulah yang menjadikan mahasiswa antusias dan bersemangat menebarkan ilmu di sekolah-sekolah SMA/SMK/MA sederajat di sekitar Kulonprogo.

Harapannya, kegiatan ini selain dapat menambah pengalaman mahasiswa untuk dapat berkiprah langsung di dalam masyarakat, juga sebagai ajang silaturahmi antara stakeholder di pendidikan tinggi dengan di sekolah menengah sehingga terjalin sinergitas yang baik dalam memajukan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Tidak hanya memperoleh dukungan secara kelembagaan di dalam internal program studi, melainkan program ini juga memperoleh apresiasi dari pihak universitas dan juga Fakultas Agama Islam UAD. (Nik)

Mahasiswa PAI Mengabdi bersama siswa MA Darul Ulum Wates, Kulonprogo. (Doc. Pri)

Mahasiswa PAI Mengabdi berkegiatan di masjid bersama siswa siswi MA Muhammadiyah Galur Kulonprogo. (Doc. Pri)