Ramadhan; Ajang Beribadah dan Bersosialisasi

Yogyakarta, PAI Hari Ini – Bulan Ramadhan yang hanya datang setahun sekali rupanya menjadi wadah yang nyaman bagi mahasiswa PAI UAD untuk unjuk gigi mengabdikan diri di lingkungan masyarakat. Tidak hanya melalui kegiatan-kegiatan terstruktur yang diselenggarakan oleh Prodi, melainkan juga melalui inisiasi organisai yang terdapat di lingkungan PAI UAD.

Jika sebagian besar mahasiswa PAI UAD di Wates Kulonprogo menerjunkn diri di masyarakat dan berkontribusi langsung dalam setiap aktivitas pembelajaran yang terselenggara, maka tidak kalah bersemangatnya, mahasiswa PAI UAD Jogja juga terjun ke jalanan untuk membagikan ifthor kepada masyarakat yang ditemui. Beberapa mahasiswa bahkan rela menginap di sekolah-sekolah Muhammadiyah sekitar Wates, Kulonprogo untuk ikut menyemarakkan acara sanlat yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Sedangkan segenap mahasiswa PAI Jogja rela berpanas-panasan melakukan membagikan sedekah di sepanjang jalanan Jogja kepada mereka yang membutuhkan.

“Ramadhan kali ini terasa lebih semarak untuk kami, keluarga besar PAI UAD, karena antusiasme mahasiswa dalam mengabdikan diri di lingkungan sekitar kampus,” ujar Kaprodi PAI, Farid Setiawan, S.Pd., M.Pd.I, dengan bangga. Bagaimana tidak berbahagia dan berbangga hati, jika peserta didik mahasiswa yang digadang-gadang sebagai penerus peradaban sudah mampu membawa nama baik almamater dan memberikan kontribusi terbaiknya di lingkungan masyarakat terdekat? Kegiatan-kegiatan semacam ini tentu akan menjadi agenda tetap bagi Program Studi PAI, mengingat manfaatnya yang sangat besar dalam membentuk jiwa sosio-technopreneurship di dalam diri mahasiswa. “Kepekaan sosial dan kenginan untuk mengabdi memang harus dipupuk sejak dini,” ungkap Yazida Ichsan, Sekprodi PAI turut menegaskan. ©nikS

Atas-Bawah; Mengisi pengajian di masjid sekitas Wates,
Praktik ibadah di SMA Muh. 2 Wates,
Safari Ramadhan dan Ifthor on The Road Jogja. (Doc. Pri)