Kembangkan Peradaban Islam, UAD dan Azerbaijan Jalin Kerjasama

Media Center PAI UAD- Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menjalin kerjasama di bidang pendidikan. Kali ini UAD menjajal kerjasama dengan empat perguruan tinggi (PT) di Azerbaijan.

“Kami sudah menandatangani empat MoU dengan perguruan tinggi di Azerbaijan, khususnya di bidang agama dan bahasa,” ujar Rektor UAD, Kasiyarno disela kuliah umum Duta Besr RI untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie di kampus IV UAD, Rabu (17/7/2019).

Kerjasama yang dilakukan, menurut Kasiyarno diantaranya dengan memberikan beasiswa bagi generasi muda di negara Kaukasus tersebut. Untuk kali ini, UAD memberikan beasiswa bagi 10 mahasiswa untuk belajar di Jurusan Bahasa dan Agama.

Tak hanya beasiswa untuk melanjutkan pendidikan, kampus itu juga memberikan fasilitas pondok pesantren bagi yang berminat. Sehingga mereka bisa fokus belajar di UAD.

“Kita lihat bagaimana minat mahasiswa untuk program ini. Kalau dirasa bermanfaat bisa dilakukan secepatnya (kerjasama),” tandasnya.

Sementara Husnan menyambut baik kerjasama di bidang pendidikan tersebut. Mahasiwa asal negara yang berbatasan dengan Rusia itu bisa belajar teknologi, bahasa dan bahkan agama di UAD.

“Dengan tinggal di pesantren para mahasiswa asal Azerbaijan nantinya bisa belajar agama. Selama ini Azerbaijan itu mengklaim sebagai negara sekular dan hampir tidak ada sentuhan agama dalam pendidikan mereka” jelasnya

Dalam kuliah umum, Husnan mengemukakan mengenai kehidupan beragama di Azerbaijan. Dalam pengembangan peradaban Islam, negara maupun warga Azerbaijan seperti tak memiliki kepedulian.

“Meski Azerbaijan itu negara aman, namun masih lebih baik Indonesia yang kehidupan maupun peradaban Islamnya berkembang baik,” jelasnya. ©nikS