MAGANG “MENDIDIK SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN SPIRIT MUSABA”

SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Oleh : 1. Adina Pamungkas A S (1700031009), Maftuh Muhammad Nur (1700031031), Rizka Auliyah (1700031077)

(Mahasiswa Semester 2 PAI UAD)

Kegiatan magang kami di SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL di awali dengan survey kondisi sekolah terlebih dahulu. Jarak sekolah dari kampus sekitar 13 km dan terletak di Jalan Manding Kidul.  Letak sekolah berada ditengah perkampungan warga. Kemudian penerjunan dimulai pada hari Senin tanggal 6 Agustus 2018. Saat itu Dosen Pembimbing Magang (DPM) Bapak Arum Priadi M.Pd B.I mendampingi kami dan memberi sambutan kepada sekolah. Kemudian sambutan dari Dosen Pembimbing Magang (DPM) ditanggapi oleh Waka Kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Bantul, beliau adalah Bapak Taswanto. Saat penerjunan, kami diberi berbagai arahan dan sesi tanya jawab terkait tata tertib sekolah dan kultur atau kebiasaan sekolah. Setelah itu kami dibagi tugas untuk mencari Guru Pembimbing Magang (GPM) masing-masing untuk kemudian diberikan arahan dan bimbingan serta mengobservasi didalam kelas ketika Guru mengajar.

Adapun sejarah singkat sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul pada awal berdirinya bernama STM Muhammadiyah Bantul. STM MUHAMMADIYAH BANTUL didirikan atas prakarsa Bapak Mursidi yang kemudian membentuk panitia Pendirian STM Muhammadiyah Bantul. Pada bulan Nopember 1969 Panitia menghadap Pimpinan Muhammadiyah Daerah, dilanjutkan kepada Ketua Majelis Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Bantul untuk mendapatkan persetujuan pendirian STM Muhammadiyah Bantul. Sehingga pada tanggal : 01 JANUARI 1970 berhasil mendapatkan piagam pendirian nomor : E-45/MPPM/SK/1970 dari Majelis pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan, tentang persetujuan berdirinya STM Muhammadiyah Bantul dengan 2 jurusan :

  1. Mesin Kontruksi
  2. Bangunan Gedung

Pada perkembangannya STM Muhammadiyah Bantul kemudian menyesuaikan dengan regulasi pemerintah dan mengubah namanya menjadi SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang hingga saat ini mempunyai 4 Program Keahlian yaitu :

  1. Teknik Pemesinan
  2. Teknik Kendaraan Ringan
  3. Teknik Audio Video
  4. Rekayasa Perangkat Lunak

Semua program keahlian tersebut telah melaksanakan akreditasi, yang terbaru pada bulan Nopember 2010 dengan nilai “A” di masing-masing program keahlian.

VISI Sekolah

Membentuk tamatan yang berakhlak mulia, berprestasi, mandiri dan berdaya saing di tingkat lokal maupun nasional

MISI Sekolah

Melalui keterbukaan, kemitraan dan pelayanan prima, SMK Muhammadiyah 1 Bantul :

  1. Menerapkan kedisiplinan dan kejujuran yang dilandasi ketaqwaan kepada Allah SWT.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan latihan yang berkualitas dengan mengedepankan keunggulan untuk berprestasi.
  3. Melaksanakan layanan sekolah yang mengacu pada sistem manajemen mutu dan penerapan budaya Industri, untuk membekali siswa dengan pengetahuan, ketrampilan dan kemandirian sehingga mampu bersaing di tingkat lokal maupun nasional.

Motto SMK Muhammadiyah 1 Bantul : “Mendidik Sumber Daya Manusia Dengan Spirit Musaba”

Adapun kondisi keadaan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yaitu mayoritas 90% adalah laki-laki, dan selebihnya adalah perempuan. Siswa dibiasakan sejak dini untuk bersikap disiplin, berpenampilan rapi, tertib, dan mematuhi peraturan sekolah yang ada. Kultur sekolah meniru kebudayaan yang ada di pabrik industri, mulai dari berjalan harus menggunakan jalur hijau. Meja dan kursi dikelaspun diberi garis pembatas menggunakan lakban, gunanya agar tetap lurus dan rapi. Siswa dan siswi SMK Muhammadiyah 1 Bantul terlihat ramah, santun, dan baik.. Adapun kondisi bapak dan ibu guru memberikan contoh dan teladan kepada para siswa untuk disiplin waktu dan tertib. Sebagaimana arti guru dalam bahasa jawa yaitu “Digugu lan ditiru”. Maksudnya adalah dihormati dan ditiru sikap positifnya. Interaksi antara satu guru dengan guru yang lain baik, mereka membudayakan 3S yaitu salam, sapa, senyum. Setiap pagi guru hadir pukul 06.15 WIB dan  mengadakan briefing. Setiap pagi dan pulang sekolah bapak dan ibu guru standby dilapangan sekolah untuk menyambut murid dan bersalaman. Adapun kondisi sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul ialah karena terletak ditengah perkampungan warga, menjadikan lingkungan sekolah terlihat asri dan terhindar dari polusi. Ruang kelas yang banyak dan terjejer disetiap sudut ruangan sekolah. Fasilitas sekolah mendukung dan memadai siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga disimpulkan kondisi sekolah dalam kegiatan belajar mengajar cukup kondusif. Adapun kesan pesan dari kami selama kami magang disana adalah merasa tersanjung dan berterima kasih atas respon yang baik dari sekolah. Kesan dari beberapa siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul terhadap kami adalah baik. Sedangkan kesan dari Guru Pembimbing Magang (GPM) adalah baik juga, namun ada seikit masukan bagi kami agar kami mampu lebih meningkatkan keaktifan interaksi dengan warga sekolah.

            Hikmah/pelajaran yang dapat kami ambil adalah kami dapat merasakan menjadi seorang guru, mulai dari perjuangan seorang guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan hati yang lapang, ikhlas, dan tak kenal lelah hingga menjadi contoh/tauladan yang baik bagi murid-muridnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *