METODE GERAK TANGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA
Tren Hafalan Qur’an menjadi fenomena baru di sekolah-sekolah. Program menghafal al-Qu’an hidup subur bak jamur di musim hujan dari tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi, baik dalam format pendidikan formal maupun nonformal. Pada sekolah-sekolah Islam hafalan Qur’an menjadi materi utama. Dalam penelitian ini tujuanya adalah untuk meningkatkan motivasi dalam menghafal Al-Qur’an menggunakan pembelajaran dengan metode gerak tangan pada materi al-Qur’an pada peserta didik kelas VA SD Muhammadiyah Karangakjen Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, yaitu pada bulan Oktober. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SD Muhammadiyah Karangkajen yang terdiri dari 11 peserta didik. Objek penelitian adalah motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes lisan. Data dianalisis secara kualitatif melalui reduksi, penyajian dan interpretassi data. Analisis kuantitatif melalui analisis statistic deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi menghafal peserta didik, yaitu pada tahap tindakan sebesar 80% motivasi belajarnya telah mencapai kategori tinggi dengan skor antara 25-30. Dan hasil pos test hafalan menunjukan kenaikan dari rata-rata nilai 64,09 menjadi 80,90 peserta didik telah hafal materi surat yang dihafal. Dengan demikian penggunaan pembelajaran dengan metode gerak tangan pada materi Al-Qur’an dapat meningkatkan motivasi hafalan al-Qur’an peserta didik kelas VA SD Muhammadiyah Karangkajen. Dalam penelitian ini hanya terbatas pada kelas kecil sehingga untuk mendapatkan manfaat yang lebih luas dari metode gerak tangan ini maka diperlukan ujicoba pada kelas yang lebih besar.Keterbatasan dan rekomendasi penelitian. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/55571