PAI UAD : MENUMBUHKAN INOVASI DENGAN TERJUN LANGSUNG KE INDUSTRI

Media Center PAI — Dalam rangka memperluas wawasan, menambah pengalaman dan menumbuhkan inovasi terkini, mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan kegiatan kunjungan industri. Rabu, 2 Mei 2018 telah berlangsung kegiatan kunjungan industri mahasiwa PAI FAI UAD di industri alat peraga pembelajaran Mataram Indah yang beralamat di Jalan Kadipaten Kulon KP 1 No 308, Yogyakarta. Kunjungan ini diikuti oleh 28 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Desain Peraga Pembelajaran PAI.

Desain Peraga Pembelajaran PAI merupakan salah satu mata kuliah pilihan di semester VI pada prodi PAI. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa atau lebih tepatnya calon guru PAI dalam mengembangkan media pembelajaran dan sebagai wujud keluwesan dalam mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Dr. Suyadi, M.Pd.I selaku dosen pengampu mata kuliah desain peraga pembelajaran PAI sering kali memberikan motivasi dan semangat tinggi kepada mahasiswanya untuk benar-benar menekuni setiap prosesnya dalam perkuliahan. Beliau pernah mengatakan bahwa “dalam mata kuliah ini, bukan teori yang paling penting akan tetapi lebih kepada praktik langsung untuk menciptakan produk peraga pembelajaran.” Dari awal perkuliahan Dr. Suyadi, M.Pd.I telah menyampaikan bahwa hasil akhir dari mata kuliah (UAS) ini adalah menghasilkan produk peraga pembelajaran PAI yang dibuat oleh mahasiswa. Sehingga beliau tidak hanya sebatas menyampaikan teori namun juga menghadirkan seorang pengusaha peraga pembelajaran dari Insan Madani, beliau bernama bapak Muhyidin yang turut membimbing kami ketika perkuliahan di kelas berlangsung.

Selain hal tersebut, sebagai wujud keseriusan dosen pengampu mata kuliah Desain Peraga Pembelajaran PAI dalam mencapai tujuan perkuliah, maka beliau memberikan tugas kepada kami untuk terjun langsung ke industri alat peraga pembelajaran. Dengan harapan kami dapat menemukan inovasi dan juga memiliki gambaran nyata mengenai alat peraga pembelajaran khususnya untuk Pendidikan Agama Islam.

Tepat pada pukul 10.00 WIB, 28 mahasiswa prodi PAI yang didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah tiba di industri Mataram Indah Yogyakarta. Kedatangan kami ke industri disambut dengan hangat dan ramah oleh direktur industri yaitu Ibu Tatik. Kunjungan ini dilakukan dengan sangat sederhana dan santai, dimulai dari bincang-bincang ringan antara dosen dan mahasiswa dengan direktur industri. Ibu Tatik selaku pemilik industri ini menjelaskan mulai dari sejarah berdirinya sampai pada distribusi produk dari industri tersebut. Industri Mataram Indah ini telah berdiri sejak tahun 1972 yang dirintis oleh Ibu Nurohmah. Produk peraga yang tersedia adalah untuk kalangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK). Jika dikaitkan dengan Pendidikan Agama Islam, industri ini telah menyediakan peraga pembelajaran antara lain; peraga huruf hijaiyah, tata cara sholat dan wudhu, tempat peribadatan (masjid, gereja, pure, dll) juga alat peraga untuk materi rukun Islam dan rukun Iman.

Kunjungan industri ini berakhir setelah berbincang-bincang ringan, mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang kami sampaikan, serta setelah kami diajak ke pusat produksi yang tempatnya tidak terlalu jauh dari toko penjualan produk yang sudah jadi dan siap dipasarkan (Syadana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *