MAGANG : PENGEMBANGAN JATI DIRI

SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Pendidikan Agama Islam

Zuhrul Nofaizin (1600031057)

Magang merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan landasan jati diri pendidik dan memantapkan kopentensi akademik. Mahasiswa peserta magang (MPM) khususnya di magang dasar melakukan beberapa kegiatan salah satu contohnya mengamati budaya sekolah mitra , pengamatan untuk membangun kompetensi dasar pedagogik kepribadian dan sosial , berbicara mengenai magang yang saya lakukan di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta mulai pertama kali saya dengar kata magang bahwa disana kita akan melakukan observasi dan pembelajaran yang akan dilakukan beberapa hari di sekolah mitra,

Penerjunan kami bersama teman teman FKIP yang notabene kita menyeluruh bukan hanya dari prodi PAI saja namun beragam prodi pendidikan yang ada di UAD, kami mulai menyesuaikan diri dengan teman teman karna pada magang kali ini kita dari prodi PAI baru pertamakalinya menlaksanakan program magang , lainya mereka melaksanakan program magang lanjut karena tepat satu tahun yang lalu mereka FKIP sudah dulu untuk melaksanakan magang dasar.

Pelaksanaan magang pada kali ini kita di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta (MUMA) kampus SMP ini memiliki dua unit , yang pertama unit 1 berada pada JL. Patehan Lor no. 25 yogyakarta kemudian unit 2 berada di JL. Patehan tengah no 15 Yogyakarta , Sekolah yang berada di bawah naungan Majelis Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) Muhammadiyah ini merupakan sekolah yang unggul mempunyai visi dan misi mengemban amanah Muhammadiyah pada sektor pendidikan kelas menengah.

Berawal dari penerjunan yang kami laksanakan pada tanggal 3 Agustus 2018 tepatnya pada hari jumat pukul 14.00 WIB di kampus unit 1 SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta bersama teman teman FKIP dan DPM dari salah satu Dosen Bimbingan Konseling kami sesampai sana ber 24 Mahasiswa tercatat sebagai magang dasar dan lanjut memulai penerjunan magang dengan beberapa hal yang diberikan atas sambutan dari pihak sekolah mitra dengan sangat baik , perwakilan dari UAD dari dosen Bimbingan Konseling juga memberikan penyerahan terhadap pihak sekolah mitra guna melaksanakan program magang yang akan dilakukan pada hari senin 6 Agustus 2018 ,penyerahan penerjuanan memiliki arti bahwa setiap pelaksanaan kehidupan dalam bermasyarakat, bersosial perlu adanya tidak tunduh, unggah ungguh, sopan santun dalam bermasyarakat. Sekolah ini menerapkan sekolah Full Day School atau 5 hari kerja maka proses magang yang kami lakukan dimulai pad hari senin, proses peyerahan atau penerjuan selesai pukul 15.45 WIB ,

      Sekolah menengah Muhammadiyah yang mengemban visi ; “unggul dalam prestasi berdasarkan imtaq dan iptek serta seni “ diawalai dari visi sekolah ini menegaskan bahwa sekolah ini tidak anti dengan seni, itu yang luar biasa buat saya karna dijaman yang sekarang ini kadang masih banyak juga instansi pendidikan yang masih jumud dan kaku terhadap perkembangan zaman, SMP Muhammadiyah 5 ini menegaskan pula bahwa instansi pendidikan harus bersifat “berkemajuan”mampu mengadaptasikan dengan era dan zaman yang ada, tentunya diimbangi dengan kerjasama dari Pihak Kepala sekolah, Guru , Karyawan dan peserta didik yang harus selalu beriringan demi terwujudnya visi sekolah yang menurut saya luar biasa. Secara sepintas memang profil sekolah ini terlihat biasa saja bahkan gedung yang ada disini juga terlihat minimalis dan simpel, namun dengan kekuranganyaa karna letak pada posisi SMP ini memang letak strategis apalagi di kota Yogyakarta ini tidaklah begitu bermasalah.

Hari senin 6 Agustus awal magang kita di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta guru wajib datang 06.30 WIB sampai sekolahan , kita pun berusaha juga untuk menyesuikan diri dengan lingkungan sekolah , saya dan teman teman mengantikan guru utuk berdiri di depan gerbang sekolahan guna menyambut murid atau peserta didik, kita menyalami satu murid demi satu untuk menyambut betapa calon pungga masa depan itu harus disambut dengan meriah dan gembira , layaknya pemain bola datangnya lionel messi pada pertandingan Barca vs Madrid disambut meriah oleh pendukungnya . sampai sekitar pukul 07.00 WIB Kami menyalami satu persatu murid di depan gerbang utama sekolah , setelah itu kegiatan mengaji dilaksanakan setiap pagi di kelas masing masing guna memberikan energi positif ketika awal berperang , murid harus kuat dalam jiwa dan rohani karna pada dasarnya murid akan mempelajari berbagai pengetahuan yang menduniawi lebih banyaknya oleh karna itu penanaman ideologi rohaniah yang dilakukan untuk murid sangatlah penting .

Hari senin di unit 2 SMP Muhammadiyah 5 tidak melaksanakan Upacara , karna keterbatasan tempat dan fasilitas sekolah yang memang tidak memungkinkan , namun sebagai penganti di unit 1 mengadakan sholat Dhuha berjamaah wajib untuk putra maupun putri, berbeda dengan unit 1 sang penyusul unit 2 SMP MUMA mengadakan Upacara secara bersamaan suasana hening dan hikmat juga dirasakan bagi teman teman kami yang bertugas di unit 2 . seusai melaksanakan sholat Dhuha berjamaah dan Upacara secara bersamaan kami kemudian megamati bagaimana budaya sekolah mitra yang kami tempati untuk magang . program unggulan magang di sekolah ini selain pengajaran sekolah ini menerapkan jiwa rohani yang sangat tinggi kepada murid muridnya salah satunya dengan mengadakan pengajian bersama setiap kelas, program sholat dhuha dan sholat Dzuhur berjamaah .

Guru Gpm kami disini menyambut dengan baik karna kami disini diharapkan mampu belajar dan membantu bagaimana kegiatan belajar mengajar disekolah . hikmah dari magang bahwa seorang guru dalam mendidik siswanya begitu luar biasa , kesabaran guru dalam mendidik dan bagaimana mengolah siswa yang semula kurang begitu respec menjadi antusia yang luar biasa, “Bangga menjadi Seorang Pendidik “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *