MAGANG DAN VISI MASA DEPAN SMP MUH 8 YK

SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA

Oleh  : Sahidin Saputra

(Mahasiswa Sem 4 PAI UAD)

            Pelaksanaan magang dilaksanakan mulai pada tanggal 6 Agustus 2018 hingga 21 Agustus 2018. Penerjunan dimulai pada tanggal 6 Agustus 2018. Bertempat di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Penerjunan diterima oleh pihak sekolah dan warga sekolah secara resmi. Pada hari pertama penerjunan kami langsung bertemu dengan guru pamong dan diberikan arahan oleh guru pamong beserta para dewan guru.kami diberikan jadwal masuk oleh Guru Pembimbing Mahasiswa. Disekolah Muhammadiyah 8 Yogyakarta ini sangat disiplin.yang mana Jam masuk dimulai pada pukul 06.45. Sebelum proses pembelajaran di mulai afeksi dilakukan oleh dewan guru dengan menyalami para siswa di depan pintu gerbang. Sehinnga dapat mengetahui siswa yang tertib dan terlambat. Bagi siswa yang terlambat atau tidak memakai seragam sesuai dengan jadwal, siswa mengisi buku sikap sebagai catatan pelanggaran yang telah dilakukan. Hal ini sangat bagus dalam meningkatkan kedisiplinan dan ketertiban siswa. Agar kesalahan yang dilakukan tidak d ulangi kembali.

Sekolah Muhammadiyah 8 Yogyakarta ini memiliki Visi “Terbentuknya Insan Muslim yang Berilmu, Terampil dalam Teknologi, Olahraga dan Seni”. Visi dari SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta ini dijabarkan dalam Misi Sekolah yakni, :

  1. Menumbuhkan penghayatan agama sehingga menjadi kearifan dalam berperilaku
  2. Membentuk siswa sehat jasmani dan rohani, berbudaya Islami serta berkarakter
  3. Melaksanakan pengembangan administrasi pembelajaran
  4. Melaksanakan proses pembelajaran secara efektif, inovatif dan kreatif sehingga meningkatkan nilai bidang akademis
  5. Meningkatkan potensi siswa di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta olahraga dan seni
  6. Melaksanakan bidang kegiatan kecakapan hidup (life skill)

Untuk melaksanakan visi misi tersebut tentunya dibuatlah program guna mencapai visi misi tersebut. Sebelum memulai pembelajaran siswa dibiasakan untuk mengawali kegiatan dengan sholat sunah dua rakaat. Yakni sholat Duha dan dilanjutkan d kelas membaca Al Qur’an bersama. Dengan dipimpin oleh satu guru. Semua siswa mengikutinya. Dalam kegiatan pembelajaran berlangsung apabila ada siswa melanggar aturan atau tidak tertib maka akan ditulis di buku sikap. Hal ini merupakan bagian dari visi misi. Melaksanakan dan mengamalkan ibadah dengan tertib juga mematuhi perintah dan aturan sekolah. Pada hal yang lain, siswa juga dibekali dengan keterampilan computer Ms Word, Ms Excel dan mengakses interntet.

Kondisi siswa :

Kondisi siswa di Smp Muhammadiyah 8 Yogyakarta cukup baik dan kondusif. siswa begitu aktif dan semangat mengikuti setiap proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya.Siswa di Smp Muhammadiyah 8 Yogyakarta memiliki keperibadian yang baik sholeh dan sholeha serta penuh dengan sopan santun dan tata karma dan tentunya memiliki kecerdasan dan keberanian semoga para siswa menjadi penerus bangsa yang akan mengubah peradaban.

Kondisi Guru:

Pendidik atau guru si Smp muhammadiyah 8 Yogyakarta memiliki kompotesi dasar yang cukup baik dalam pembelajaran.Guru tidak hanya mengajar namun juga mendidik dengan kesabaran untuk terciptanya siswa yang bukan hanya cerdas namun juga beriman kepada Allah Swt

Kondisi sekolah:

Sekolah Smp Muhammadiyah 8 yogyakkarta sangat kondusif dan rapih dan memilik sarana dan prasarana yang lengkap,sehingga proses KBM sangat menyenangkan.Begitu juga dengan lingkungannya begitu sejuk dan tenang sangat cocok untuk siwa dalam meanciptakan prestasi sebanyak banyaknya.

Kesan dan pesan :

  1. Kesan dan Pesan Mahasiswa : Kesan dan pesan kami selama magang adalah kami merasa bahagia bisa mengetahui kondisi pendidikan secara langsung di lapangan khususnya di tingkat sekolah menengah pelajar sehingga menambah p[engalaman kami untuk menjadi guru yang professional dan menginspiraasi.
  2. Kesan dan Pesan guru sekolah : Pendidik atau guru sekolah sangat senang dengan adanya program magang di SMP 8 Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang mana program ini juga membantu terciptanya pendidikan yang lebih berkualitas dan professional di smp muhammadiyah 8 Yogyakarta.

 

 

Hikmah atau pelajaran berharga selama mengikuti program magang dasar dan lanjut :

Kami mendapatkan hikmah yang besar yang mana kami menjadi tahu apa kekurangan kami selama ini dan apa yang kami pelajari di kemudian hari demi menunjang terciptanya pendidikan yang baik dan berkualitas di negeri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *