HMPS PAI DAN IMM BUYA HAMKA. “Meriahkan Ramadhan Dengan Safari Ramadhan Dan Bakti Sosial”

Kulon Progo (28/5). Dalam rangka memeriahkan Ramadhan 1439 H Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Buya Hamka Universitas Ahmad Dahlan mengadakan safari Ramadhan season 2. Pada kesempatan kali ini akan ada 8 penjuru masjid yang dijadikan sebagai tujuan utama dari kegiatan ini. Yaitu, Masjid Al-Ihsan, Masjid Nurussihin, Masjid Sholeh Jetis, Masjid Multazam Temon, Masjid Muttaqien Klampir, Masjid Muammalah Triharjo, Ar-Rohman Pengasih dan Masjid Al-Hikmah Ngestiharjo.


“Kegiatan ini dilangsungkan sebagai wadah silaturahmi kepada masyarakat sekitar, sekaligus sebagai sarana praktek menjadi seorang pengajar untuk mahasiswa PAI sebagai calon pendidik. Sekaligus untuk mengenalkan prodi PAI yang ada di Wates” (tutur Putri).Kegiatan ini dilangsungkan mulai hari ke 2 ramadhan sampai pada 10 Ramadhan, atau 17-27 Mei 2018. Kegiatan Safari Ramadhan ini kurang lebih diikuti oleh 50-90 santri setiap harinya, tak hanya sekedar mengaji, dalam kegiatan kali ini diimbuhi dengan games dan outbond seru diluar ruangan. “kegiatannya menyenangkan, nggk bikin bosen, kakak-kakaknya juga kelihatan baik dan ceria” tutur salah satu santri safari Ramadhan.


Safari Ramadhan tahun ini ditutup dengan kegiatan Bakti Sosial. Crengah, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo menjadi tujuan utama diadakannya kegiatan Bakti Sosial. Lokasi yang terletak dataran tinggi Kulon Progo ini tidak serta merta menyurutkan semangat para kader muda ini untuk terus berbagi. Sembako berupa beras, minyak dan mie instan ini setidaknya jadi saksi atas kesungguhan mereka. Kurang lebih ada 50 KK yang menerima sedikit keceriaan ini. “Alhamdulillah apa yang diberikan adek-adek mahasiswa sangat bermanfaat untuk warga kami. Mahasiswa UAD sangat ditunggu kiprahnya di Kulon Progo. Ini bisa menjadi PR bagaimana bisa PTS (agama) mengalahkan PTN. Silaturahmi tetap terjaga/ dilanjutkan” tutur Ngatiran (dukuh Crengah).


Harapan masyarakat dengan adanya kegiatan ini semoga bisa menjadi awal silaturahmi antara warga dan Mahasiswa PAI UAD. Semoga kegiatan ini tidak berakhir begitu saja, kami perlu bantuan dari mahasiswa PAI UAD karena masyarakat disini masih jauh dari kata sempurna dari sisi agama. Untuk kegiatan Safari di TPA sendiri semoga bisa memberikan suasana baru di tiap TPA, selain itu Rismas juga dapat mengetahui / menambah pengetahuan dan metode dalam mengajar TPA yang telah dipraktekan oleh mahasiswa. (NN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *