PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UAD MENDAPATKAN AKREDITASI “A”

Menjadi prodi yang diakui secara Internasional dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam dan dijiwai nilai-nilai al-Islam dan Kemuhammadiyahan merupakan visi Pendidikan Agama Islam PAI-UAD untuk merespon tuntutan paradigma baru pendidikan global. PAI-UAD berusaha untuk senantiasa menyelenggarakan pendidikan dengan sebaik-baiknya dan dapat menunjukkan komitmen dalam menjaga kualitas pendidikannya. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai akreditasi A dari badan akreditasi perguruan tinggi BAN-PT dengan SK No 2416/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VIII/2017 pada akreditasi yang dilaksanakan pada tanggal 15-16/06/2017, Bertempat di kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan, jalan kapas no 9, Semaki Umbul Harjo Yogyakarta.

Drs. H. Parjiman, M.Ag, selaku dekan Fakultas Agama Islam UAD menyampaikan bahwa, perolehan nilai akreditasi A ini merupakan jerih payah serta kerja keras seluruh civitas akademik sebagai wujud komitmen dalam menyelanggarakan dan melaksanakan pelayanan pendidikan yang unggul di UAD. Akreditasi A menjadi pendorong serta motivasi untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan prima kepada mahasiswa. Capaian ini membutuhkan semangat kolektif terus-,menerus dari semua pihak, progress PAI-UAD harus semakin baik dari hari ke hari dengan menunjukkan kinerja dengan semangat kerja keras, kerja tuntas, kerja ikhlas, dan kerja mumtaz. Ungkapnya.

Proses visitasi prodi dapat berjalan dengan lancar, solid dan siapnya tim borang PAI menjadi salah satu faktor yang menyebabkan proses visitasi berjalan lancar. Tim borang mampu menjawab semua pertanyaan dan dapat menunjukkan bukti yang diajukan oleh asesor dengan baik. Dengan nilai akreditasi “A” yang diperoleh oleh PAI, maka tiga prodi di FAI UAD terakreditasi A, yaitu ; Pendidikan Agama Islam (A), Bahasa dan Sastra Arab (A), Tafsir Hadits (A), dan Perbankan Syariah sebagai prodi baru di FAI. PAI diharapkan mampu menjadi prodi unggulan di FAI UAD.

Prodi PAI-UAD memiliki komitmen menyelenggarakan pendidikan dengan baik, dan berusaha agar lulusan yang dihasilkan berkualitas. Beberapa indikator yang  digunakan untuk menilai keberhasilan  lulusan adalah (1) IPK; (2) Lama Studi dan (3) Predikat kelulusan yang disandang. Namun proses ini tidak   hanya berhenti disini. Untuk dapat mencapai keberhasilan, PAI-UAD menjamin agar lulusan nya dapat  terserap dalam dunia kerja, dengan profil lulusan sebagai guru PAI, desainer media pembelajaran, dan menejer pendidikan agama Islam. Dengan nilai akreditasi A ini diharapkan PAI-UAD dapat menghasilkan lulusan-lulusan unggul yang memiliki integritas moral dan intelektual untuk mewujudkan pendidikan di Indonesia yang berkemajuan. (Zalik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *