PELATIHAN JURNALISTIK PAI UAD : BANGUNKAN JIWA PENULIS

(MEDIA CENTRE PAI), “Penulis yang baik adalah pembaca yang baik, maka bacalah !”. Keinginan PAI untuk memboomingkan budaya literasi benar-benar diwujudkan, Sabtu (16/09/2017) PAI-UAD mengadakan pelatihan jurnalistik yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa PAI. Kegiatan yang bekerja sama dengan HMPS PAI ini dilaksanakan di Aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

          Sebelum kegiatan, para peserta diminta untuk membuat essay yang bertema “Aku Bangga Menjadi Mahasiswa PAI-UAD” tujuannya adalah agar dapat dilihat perbedaan tulisan para peserta sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. ”Kami mengangkat tema ini karena kami ingin mahasiswa memulai menulis dengan menyadari dan menumbuhkan kebanggaan mereka terhadap prodi mereka, nantinya tulisan mereka ini akan kami bukukan dan tulisannya akan dibagikan kepada mahasiswa PAI lainnya, agar dapat memotivasi teman-teman lainnya.” Ucap Farid Setiawan selaku dosen pembimbing tim jurnalistik PAI.

          Adapun narasumber pada pelatihan ini adalah Dr. Suyadi, M.Pd.I yang merupakan kepala prodi Pasca Sarjana PAI-UAD  dan  juga merupakan penulis yang telah menulis lebih dari 70 buku. Berbagai prinsip menulis dan motivasi menulis disampaikannya. “Untuk menjadi orang luar biasa maka lakukanlah hal-hal diluar kebiasaan orang biasa” ungkapnya. Penulis yang banyak mengahasilkan buku-buku best seller ini juga megungkapkan bahwa dari prodi PAI yakinlah bahwa kita bisa menjadi sukses dan peluang sukses itu lebih besar jika kita menjadi lulusan yang tidak biasa, yang bukan hanya sekedar bangga pada PAI tapi juga membanggakan PAI. Dengan diadakannya pelatihan ini semoga dapat lahir para penulis handal dari PAI UAD.

          . Pada dasarnya setiap orang mampu menulis, hanya bagaimana setiap orang melakukannya, maukah ia berproses atau tidak, dan untuk menjadi penulis dan baik, maka jadilah pembaca yang baik. Karena dengan pengetahuan dan tulisan, kita dapat lebih bermanfaat bagi orang lain. (Atika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *