PAI UAD : Saatnya kita berbagi, mari kita peduli

Media Center PAI — Bidang Pemberdayaan Masyarakat bersama PMI Kulonprogo, mengadakan pelatihan P3K dan donor darah (Ahad, 29 Agustus 2018). Bertempat di kampus 6 Universitas Ahmad Dahlan. Dihadiri oleh kaprodi yang di wakilkan oleh bapak  Ghofar (tulis lengkap nama dan judul),  ketua DPM FAI, Wagub BEM FAI, dan ketua beberapa ketua hmps yang ada di FAI. Pelatihan P3K dipandu langsung oleh pemateri dari team PMI Kulonprogo. Para peserta tidak hanya di beri materi tentang pengertian, dan pentingnya p3k, tetapi juga di ajak untuk melakukan praktik sederhana. Praktik itu meliputi praktik membalut luka, menangani korban patah tulang dan lain sebagainya. Antusias peserta tidak hanya terjadi pada muda mudinya saja. Hal ini terlihat dari beberapa ibu-ibu paruh baya yang datang dan mengikuti serangkaian acara.

Selain pelatihan, ada beberapa peserta yang juga mendonorkan darahnya. Sebelum melakukan pelatihan, mereka terlebih dahulu melakukan cek darah, untuk mengetahui apakah kesehatannya dapat mendukung proses pendonoran darah. Beberapa pendonor ketakutan, bahkan ada yang histeris. Rata-rata, mereka yang histeris mengaku ini adalah pengalaman pertama bagi mereka. Dari 20 calon pendonor, ada 4 orang yang tidak masuk kriteria. Ada yang HB rendah, ada juga yang darah rendah. Dari kegiatan donor darah ini, terkumpul 16 kantong darah.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Selain pengalaman, banyak ilmu yang di peroleh dari acara ini. Pelatihan P3K dan donor darah ini meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengetahuan yang berhubungan dengan P3K, dan mengenal manfaat dari donor darah. Bahkan, dari pihak PMI menghimbau para peserta untuk melakukan donor darah secara rutin, mengingat banyaknya manfaat yang di peroleh. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, tentu sangat bermanfaat bagi orang lain.

Kerja sama ini menjadi wujud nyata dari pengabdian mahasiswa untuk masyarakat. Menggerakkan hati untuk menolong sesama. Berbagi ilmu dan menebar manfaat. (Anye)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *