MAGANG PAI UAD : MASA DEPANKU DIMULAI DARI SINI

SMA NEGERI 1BANTUL

Tiur Nauli (1700031074)

Sri Nurhidayah (1700031076)

Universitas Ahmad Dahlan menerjunkan banyak mahasiswa fakultas pendidikan diberbagai sekolah dan daerah yang berbeda-beda untuk melakukan magang yang sekaligus mengisi salaj satu SKS,dari mulai Bantul,Yogyakarta,dan Sleman. Terbagi menjadi tiga macam bagian magang yaitu dasar untuk semester dua,lanjut untuk semester empat,dan terapan untuk semester enam.

Berbeda-beda tugas dalam melaksanakan magang,baik itu tugas individu maupun tugas yang diberikan guru pembimbing magang didalam proses magang tersebut.

Saya dan rekan saya dapat tugas di SMAN 1 BANTUL,lumayan jauh dari tempat yang kami tinggali untuk menuju ke sekolah. Sekolah yang lumayan nyaman,tertib,dan erbagai macam prestasi didalamnya.

            Pada hari pertama pada tanggal 07 juli 2018,berangkat pada pukul 07.00 WIB sampainya pada pukul 07.30 WIB. Sesampainya diparkiran,kami segera masuk keruang Lobby sembari menunggu mahasiswa yang lain,namun tidak beberapa lama kami melihat-lihat sekeliling lobby ternyata mahasiswa lainnya sudah berada diruang Jodipati yang mana ruang itu adalah ruang perkumpulan suatu pertemuan. Tidak lama setelah itu,setelah kami ingin beranjak menuju ruang tersebut,tiba-tiba ada seorang guru yang menghampiri kami berdua dan menunjukkan dimana letak ruang Jodipati tersebut.

Setelah sampai diruang Jodipati,mahasiswa lainnya ternyata sudah berada didalam dan sudah duduk ditempat masing-masing. Tidak hanya itu,ternyata bukan hanya mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan saja yang bertugas magang disitu,ada Universitas lain yang juga berbagai macam semester. Namun,saat itu kami pertemuan dengan mahasiswa yang juga hamper sama tugasnya dengan kami yang tidak begitu aktif dalam ajar mengajar dan juga hanya berlangsung beberapa hari,akan tetapi ada juga yang semester atas dari universitas lain tersebut yang aktif dalam kelas untuk ajar mengajar.

Setelah pertemuan selesai,kami diantarkan keruang yang sudah disediakan untuk kami yang akan berlangsung selama beberapa hari kedepan sampai magang dasar Universitas Ahmad Dahlan semester dua selesai. Rekan-rekan Mahasiswa yang diikut sertakan berbarengan dengan kami berasal dari program pendidikan yang berbeda-beda selama itu masih lingkup fakultas pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan.

Sebelum penerjunan magang kami juga sempat bertemu pada pertemuan dengan Dosen Pembimbing Magang ysng sudah ditunjuk untuk membimbing kami selama tugas magang dasar selesai. Dosen yang ramah dan juga baik,dia juga adalah alumni dari SMA N 1 BANTUL.

Hari pertama tersebut kami semua berusaha beradaptasi dengan tempat dan juga masyarakat yang ada di SMA N 1 BANTUL,yang mana agar bisa mengenal dan diterima dengan baik selama penugasan disana. Selain mengelilingi,kami juga berusaha mengobservasi lingkungan sekitar baik itu ruangan,peserta didik,maupun dewan guru dan karyawan yang berada di SMA N 1 BANTUL tersebut yang juga sebagai tugas dasar dari Universitas Ahmad Dahlan dalam penugasan magang dasar yaitu observasi.

Lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman serta ragam prestasi yang didapat didalamnya,baik itu akademik maupun non-akademik. Ruangan yang tertata rapid an bersih,banyak perpustakaan dimana-mana,benar memang disetiap sudut ruangan terdapat berbagai macam buku-buku bacaan yang disediakan oleh sekolah guna untuk meningkatkan daya baca para peserta didik. Tidak hanya itu disediakan juga semacam taman yang didalamnya juga terdapat pendopo untuk istirahat sambil memanjakan diri disekitar dedaunan hijau yang segar.

Setiap pagi hari setelah bel masuk kelas berbunyi dan sebelum pelajaran dimulai,ketika terdengar suara Indonesia Raya yang diputarkan melalui speaker,maka seluruh masyarakat yang berada di SMA N 1 BANTUL harus berdiri dan mengikuti nyanyian Indonesia Raya tersbeut yang terbagi oleh tiga stanza hingga selesai,terkecuali hari senin yang diadakan upacara dilapangan dan hanya satu stanza saja yang dinyanyikan. Berbda pada hari jumat yang rutinitasnya adalah membaca kitab suci Al-Quran bagi peserta didik yang memeluk agama Islam.

Hari-hari berikutnya kami sembari membuat laporan tentang observasi kelas dan masyarakat SMA N 1 BANTUL yang ramah dan tamah. Pertemuan dengan Guru Pembimbing Magang sembari bercengkrama dan memperkenalkan diri serta tujuan dari magang tersebut dilaksanakan kami juga ditawarkan dan diajak kedalam kelas untuk mengikuti aktivitas didalam kelas guna sebagai praktek calon pendidik nantinya. Didalam kelas,kami mendapati anak-anak yang lumayan aktif dan ulet dalam belajar,tidak hanya itu sebagai seorang guru beliau sang guru pembimbing magang kami pun menyajikan praktek pembelajaran yang berbeda kepada peserta didik guna agar tidak terlalu canggung dan tegang dalam proses pengajaran,yaitu menyertakan video yang bersangkutan dengan materi pembelajaran. Dan peserta didik pun menikmati dan nyaman dalam mengambil pelajaran.

Mungkin cukup sekian berita laporan selama beberapa hari dalam tugas magang dasar yang kami buat,terima kasih untuk Dosen dan juga para Guru serta peserta didik dan juga mahasiswa yang lainnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan penulisan. Berita ini kami buat atas dasar tugas yang sudah diberikan.

Sekian dan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *