BY LEARNING YOU WILL TEACH, BY TEACING YOU WILL LEARN : SMKN 3 KASIHAN BANTUL

 Yogyakarta, 6 Agustus 2018 penerjunan magang dasar di Smkn 3 Kasihan Bantul. Smk ini merupakan salah satu Sekolah Menegah Seni Rupa atau juga bisa disingkat dengan nama SMSR Yogyakarta. Dahulu SMSR bernama ASRI  (akademi seni rupa indonesia) pada tahun 1950 dan setelah tiga belas tahun berdiri dengan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nama ASRI di ganti dengan SSRI (sekolah seni rupa indonesia) tepatnya pada tanggal 5 april 1963 dan kini terkenalnya dengan sebutan SMSR . gedung yang megah yang berdiri sejak 1963. Gedung sekolah di renofasi kembali dan diresmikan pada tanggal 19 Desember 1984 oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Nugroho Notosusanto. Di smk ini ada tujuh seni yang merupakan unggulan SMSR yaitu antara lain adalah DKV, lukis, animasi, kriya, kramik, testil, dan kayu.

Dengan visi Terdepan Dalam Mutu,  dan  lima misi:

  1. Menciptakan tamatan yang bertakqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahklak mulia,
  2. Memberikan layanan terbaik kepada siswa, orang tua siswa, DU/DI, dan masyarakat,
  3. Meningkatkan kinerja yang efisien dan produktif,
  4. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman, serta
  5. Memperluas hubungan kerja sama dengan DU/DI dan instansi terkait.

Adanya visi dan misi di smkn 3 kasihan bantul itu maka peserta didik dan karyawan ataupun guru harus bisa saling berkerja sama untuk membentuk suatu kerja sama yang baik. Agar apa yang dinginkan SMSR bisa tercapai dengan baik dengan tujuan membuat peserta didiknya bisa mengembangkan bakat dan ketrampilan yang sudah ada sejak dini.

Dengan jumlah peserta didik di SMSR Yogyakarta kurang lebih 900-an siswa dan jumlah karyawan dan guru disekolahan  antara 200-an.

Di smk itu juga ada dua kebijakan mutu yaitu kebijakan mutu organisasi dan kebijakan mutu pendidikan. Kebijakan mutu organisasi yaitu meningkatkan kualitas KERJA untuk mencapai standar mutu sesuai permintaan pelanggan yang bisa diuraikan menjadi bersemangat meningkatkan mutu, peduli terhadap orang lain, melihat dan memahami karyawan serta menjunjung tinggi kebenaran. Sedangkan kebijakan mutu pendidikan menghasilkan tamatan yang AKTIF di bidang seni rupa dan kria untuk bersaing dan beradabtasi di era global. Di uraikan menjadi: memiliki ketrampilan dan kemampuan untuk bisa diterapkan di dunia kerja, di era global ini serta memperluas wawasan dan pengetahuan ketrampilan siswanya.

Dan untuk pelayanan untuk siswa disana yaitu siswa diharuskan memakai seragam, tidak boleh memakai sandal ataupun kaos, dan untuk putra rambut dilarang mewarnai atau disemir serta telinga dilarang ditindik, dilarang memakai celana jeans.

Motto yang di smkn 3 kasihan bantul,” Dengan belajar anda akan mengajar. Dengan mengajar anda akan belajar ( by learning you will teach, by teacing you will learn)”.

Di SMSR siswanya sangat bervariasi dan beragam karakter dari yang rajin, sopan, cerdas, berbakat atau mempunyai ketrampilan. Dengan adanya karakter peserta didik yang berbeda-beda ini guru dituntut untuk membuat suasana kelas itu nyaman dan hidup agar bisa belajar dengan baik.

Hikmah yang bisa kita ambil dari magang dasar ini kita bisa mengenal kebudayaan lingkungan sekolah, kelas dan perpustakaan. Tidak hanya itu saja kita bisa mengenal berbagai karakter peserta didik dan guru ataupun karyawan yang ada disekolah tersebut. dan kita bisa belajar bagimana menghadapi siswa yang tidak disiplin, mengembangkan kemampuan siswa sesuai dengan minat bakat kejuruannya dan lain sebagainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *